Ilmu Gres Soal Uas Pkn Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Aliran 2018/2019

Berikut ini ialah pola soal UAS PKn kelas 3 semester 1 terbaru tahun fatwa 2018/2019. Soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal UAS PKn ini sanggup dijadikan acuan untuk berguru khususnya adik-adik kelas 3 guna persiapan diri menghadapi Ulangan Akhir Semester 1.

Berikut ini ialah pola soal UAS PKn kelas  Ilmu Baru Soal UAS PKn Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019

Soal UAS PKn Kelas 3 Semester 1 


Saya sudah berusaha sekuat tenaga namun ternyata saya tidak bisa menuntaskan soal-soal UAS sempurna waktu. Kini UAS sudah di depan mata. Tidak ada kata terlambat untuk terus belajar. Dan kiprah saya di sini hanyalah berusaha membantu adik-adik untuk persiapan UAS. Sedangkan yang berwenang membuat soal ujian ialah pemerintah/ Dinas Pendidikan/ pihak sekolah.

Soal UAS PKn kelas 3 Semester 1 terbaru ini hanya untuk acuan belajar. Saya selaku admin juraganles.com mohon maaf yang sebesar-besarnya kalau soal yang saya bagikan ini ternyata tidak ada yang keluar.



Namun adik-adik tidak perlu khawatir. Karena masih mempunyai Soal UAS PKn sebelumnya. Ada baiknya kalau soal ini juga dipelajari. Dengan demikian, semoga saja kalian beruntung.

Soal UAS PKn Kelas 3 Semester 1 plus Kunci Jawaban

Dan inilah contoh Soal UAS PKn Kelas 3 Semester 1 terbaru ⇩

I. Berilah tanda silang (x) pada karakter a, b, c atau d di depan balasan yang paling benar !
1. Budi Utomo didirikan pada tanggal ....
a. 17 Agustus 1945
b. 20 November 1944
c. 5 Maret 1900
d. 20 Mei 1908

2. Tujuan Kongres Pemuda Indonesia I bersifat ....
a. nasional
b. internasional
c. kedaerahan
d. individualistik

3. Wilayah Indonesia tersebar dari Sabang hingga Merauke. Sabang berada di Provinsi ....
a. Sulawesi
b. Aceh
c. Ambon
d. Sumatra

4. Hasil Kongres Pemuda ll yang dijadikan tonggak menuju kemerdekaan Indonesia ialah ....
a. ikrar perjuangan
b. ikrar kemerdekaan
c. ikrar pemuda
d. ikrar Sumpah Pemuda

5. Arti nilai patriotisme dalam Sumpah Pemuda ialah ....
a. tekad ingin menang dengan menggunakan segala cara
b. harapan saling menghormati
c. harapan bersatu untuk menguasai wilayah
d. tekad yang sangat besar lengan berkuasa untuk mempersatukan bangsa

6. Jong Java pada awalnya berjulukan ....
a. Budi Utomo
b. Tri Koro Dharmo
c. Pemuda Indonesia
d. Sekar Rukun

7. Rapat besar Pemuda Indonesia dilaksanakan pada tanggal 30 April 1926 hingga ....
a. 2 Mei 1926
b. 4 Mei 1926
c. 6 Mei 1926
d. 8 Mei 1926

8. Berikut ini yang bukan tokoh pendiri Budi Utomo ialah ....
a. Sutomo
b. Gunawan
c. Wahidin Sudirohusodo
d. H.O.S Tjokroaminoto

9. Setia pada tanah air dan bangsa sanggup diwujudkan dengan sikap ....
a. menggunakan teknologi yang maju
b. mengagumi kebudayaan daerah
c. mempelajari bermacam-macam budaya
d. menjaga nama baik bangsa dan negara

10.Sesuai dengan ikrar Sumpah Pemuda, bahasa Indonesia berperan sebagai ....
a. alat komunikasi dalam bekerja
b. sarana penghubung antarnegara
c. bahasa resmi dan bahasa nasional
d. mediator dalam dunia pendidikan

11. Berikut ini bukan upaya yang sanggup memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan ialah ....
a. melestarikan kebudayaan yang ada
b. menghormati suku bangsa lain
c. mengutamakan kepentingan umum
d. selalu merasa bahwa kebudayaan tempat sendiri ialah yang terbaik dibandingkan kebudayaan tempat lain

12. Di bawah ini bukan nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda ialah ....
a. ketuhanan
b. musyawarah
c. persatuan
d. rela berkorban

13. Kongres Pemuda ll dipimpin oleh ....
a. Soetomo
b. W. R. Supratman
c. M. Tabrani
d. Sugondo Joyopuspito

14. Penerapan nilai Sumpah Pemuda sanggup diwujudkan dengan memberi proteksi kepada anak putus sekolah yang berupa ....
a. uang
b. kendaraan
c. rumah
d. keterampilan

15. Salah satu tindakan sebagai perwujudan dari Sumpah Pemuda ialah ....
a. selalu menyanyikan lagu kebangsaan
b. menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
c. membaca ikrar Sumpah Pemuda setiap saat
d. melestarikan pelaksanaan upacara adat

16. Mengamalkan nilai Sumpah Pemuda, yaitu nilai persatuan dan kesatuan di kehidupan sehari-hari, salah satunya dengan cara ....
a. musyawarah dalam menuntaskan setiap permasalahan
b. menganggap sahabat dari suku bangsa lain ialah sebuah keluarga
c. membeda-bedakan teman
d. menjauhi sahabat yang berbeda keyakinan semoga tidak terpengaruh

17. Makna yang terkandung dalam Sumpah Pemuda ialah ....
a. pendobrak kolonialisme
b. pendorong pergerakan nasional
c. penggugah semangat kedaerahan
d. pengobar semangat persatuan dan kesatuan bangsa

18. Pedoman insan ihwal cara insan berperilaku dalam kehidupan disebut ....
a. norma
b. sanksi
c. petunjuk
d. perintah

19. Manusia yang memahami dari meyakini norma agama, kalau mereka melaksanakan hal-hal yang bertentangan dengan norma agama, maka akan mendapat hukuman ....
a. denda
b. dosa
c. penjara
d. pahala

20. Kesopanan di suatu tempat menurut atas ....
a. hasil keputusan tokoh masyarakat
b. susila istiadat pada suatu daerah
c. harapan seseorang
d. kemauan banyak orang

21. Upacara bendera banyak keuntungannya bagi akseptor didik. Berikut ini yang bukan manfaat upacara bendera di sekolah ialah ....
a. menanamkan rasa cinta tanah air
b. mempertebal semangat kebangsaan
c. mengenal arti disiplin dan tata tertib
d. bisa berbagi semangat keagamaan

22. Sanksi yang diterima oleh orang yang melanggar norma kesusilaan ialah ....
a. denda
b. kurungan
c. dikucilkan masyarakat
d. penjara

23. Pekerjaan yang berat kalau dikerjakan secara bahu-membahu akan ....
a. makin berat
b. gagal dilaksanakan
c. menjadi ringan
d. menjadi murah

24. Tata krama pergaulan pria dan wanita diatur dalam norma ....
a. hukum
b. susila
c. agama
d. undang-undang

25. Salah satu pola sikap taat pada aturan dalam kehidupan ialah ....
a. membayar uang sekolah kalau sudah diingatkan
b. membuang sampah pada tempatnya
c. mencorat-coret tembok sehari-hari adalah
d. membantu sahabat dalam mengerjakan ujian

26. Daerah atau wilayah berlakunya norma kesopanan ialah ....
a. masyarakat atau tempat tertentu
b. negara tertentu
c. seluruh negara
d. seluruh umat beragama

27. Norma agama berlakunya mencakup ....
a. wilayah tertentu
b. negara tertentu
c. lokasi atau tempat tertentu
d. universal atau umum di seluruh dunia

28. Sanksi norma kesusilaan bersumber dari ....
a. agama sendiri
b. pegawanegeri penegak hukum
c. diri sendiri
d. tokoh masyarakat

29. Berikut ini yang bukan makna penting pelaksanaan upacara bendera di sekolah ialah ....
a. menanamkan rasa cinta tanah air
b. mempertebal semangat kebangsaan
c. mengenal arti disiplin dan tata tertib
d. sanggup berbagi semangat keagamaan

30. Bersama-sama membersihkan lingkungan yang kotor ialah perwujudan nilai ....
a. persatuan
b. patriotisme
c. keberanian
d. kegotongroyongan

31. Norma agama yang dianut umat Buddha bersumber dari kitab ....
a. Injil
b. Al Qur’an
c. Weda
d. Tripitaka

32. Tolok ukur berlakunya norma kesopanan di suatu tempat menurut atas ....
a. keputusan tokoh masyarakat
b. susila istiadat suatu daerah
c. harapan seseorang
d. kemauan banyak orang

33. Jika berbuat kesalahan maka hatinya merasa tertekan.. Hal ini salah satu ciri dari hukuman norma ....
a. agama
b. kesusilaan
c. kesopanan
d. hukum

34. Norma agama yang bersumber dari kitab suci ditujukan untuk ....
a. seluruh umat manusia
b. seluruh warga negara
c. seluruh insan di dunia ini
d. masyarakat di tempat tertentu

35. Norma kesopanan ialah sebuah norma yang didasarkan atas ....
a. kepantasan
b. kitab suci
c. keyakinan
d. kepercayaan

36. Norma kesopanan yang berlaku di masyarakat bersifat ....
a. lahiriah
b. memaksa
c. suka rela
d. lahiriah dan batiniah

37. Tindakan di bawah ini yang tidak diatur dalam norma kesopanan ialah ....
a. sopan santun makan
b. sopan santun berpakaian
c. sopan santun dalam bergaul
d. sopan santun dalam beribadah

38. Norma yang bertujuan untuk menertibkan kehidupan masyarakat ialah norma ....
a. kesopanan dan hukum
b. kesusilaan
c. moral
d. agama

39. Norma agama mempunyai sifat ....
a. lahiriah
b. duniawi
c. memaksa
d. lahiriah dan batiniah

40. Berikut pola sikap menaati aturan tertulis di masyarakat ialah ....
a. membantu tetangga yang sedang kesusahan
b. saling menghormati
c. melaksanakan ronda malam
d. berperilaku sopan

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Sumpah Pemuda !
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................

2. Nilai-nilai apa saja yang sanggup diambil dari insiden Sumpah Pemuda yang sanggup kta terapkan dalam kehidupan sehari-hari?
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................

3. Sebutkan hal-hal apa saja yang sanggup memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa !
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................

4. Sebutkan tiga pola kegiatan yang merupakan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda !
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................

5. Mengapa kita harus cinta tanah air?
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................

6. Tuliskan satu perbedaan antara aturan tertulis dengan aturan tidak tertulis !
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................

7. Mengapa pelaksanaan norma aturan terlihat lebih dipatuhi oleh masyarakat dibandingkan dengan pelaksanaan norma yang lain?
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................

8. Apa yang seharusnya kita lakukan kalau melanggar norma agama?
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................

9. Sebutkan pola pelaksanaan norma kesopanan yang ada di lingkungan sekitar !
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................

10. Bagaimana cara membuat suasana kondusif dan tertib di lingkungan sekolah ?
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................

Kunci Jawaban Room I

1. d. 20 Mei 1908
2. a. nasional
3. b. Aceh
4. d. ikrar Sumpah Pemuda
5. d. tekad yang sangat besar lengan berkuasa untuk mempersatukan bangsa
6. b. Tri Koro Dharmo
7. a. 2 Mei 1926
8. d. H.O.S Tjokroaminoto
9. d. menjaga nama baik bangsa dan negara
10. c. bahasa resmi dan bahasa nasional
11. d. selalu merasa bahwa kebudayaan tempat sendiri ialah yang terbaik dibandingkan kebudayaan tempat lain
12. a. ketuhanan
13. d. Sugondo Joyopuspito
14. d. keterampilan
15. b. menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
16. a. musyawarah dalam menuntaskan setiap permasalahan
17. d. pengobar semangat persatuan dan kesatuan bangsa
18. a. norma
19. b. dosa
20. b. susila istiadat pada suatu daerah
21. d. bisa berbagi semangat keagamaan
22. c. dikucilkan masyarakat
23. c. menjadi ringan
24. b. susila
25. b. membuang sampah pada tempatnya
26. a. masyarakat atau tempat tertentu
27. d. universal atau umum di seluruh dunia
28. c. diri sendiri
29. d. sanggup berbagi semangat keagamaan
30. d. kegotongroyongan
31. d. Tripitaka
32. b. susila istiadat suatu daerah
33. b. kesusilaan
34. c. seluruh insan di dunia ini
35. a. kepantasan
36. d. lahiriah dan batiniah
37. d. sopan santun dalam beribadah
38. a. kesopanan dan hukum
39. d. lahiriah dan batiniah
40. c. melaksanakan ronda malam

Kunci Jawaban Room II

1. Sumpah Pemuda ialah kesepakatan atau ikrar yang diucapkan para perjaka pada tanggal 20 Oktober 1928
2. Nilai persatuan, kesatuan, musyawarah, dan kekeluargaan
3. perselisihan antar suku, menganggap suku bangsanya paling baik
4. mematuhi tata tertib sekolah, menjaga kebersihan, tidak membeda-bedakan teman
5. alasannya ialah kita hidup di Indonesia maka kita harus cinta Indonesia
6. aturan tertulis dibentuk oleh pemimpin dan mengandung hukuman yang tegas. Aturan tidak tertulis berupa sopan santun maupun susila istiadat
7. alasannya ialah dibentuk oleh pemerintah/ negara yang bersifat memaksa dan mempunyai hukuman yang tegas yaitu eksekusi penjara atau denda
8. segera bertaubat memohon ampun kepada Tuhan Yang Maha esa
9. menggunakan pakaian yang sopan, yang muda menghormati yang tua
10. dengan cara mematuhi tata tertib di sekolah

Download Soal UAS PKn Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019 plus Kunci Jawaban

Note : Soal UAS PKn Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019 ialah konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih

Itulah Soal UAS PKn Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019 yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Ilmu Gres Soal Uas Pkn Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Aliran 2018/2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel